Kenapa Anime Jepang sangat menarik?

Kenapa Anime Jepang sangat menarik?




Tidak ada yang tidak tahu anime, walau hanya sekedar “tahu”, tapi kenapa anime begitu menarik? Bukan hanya anak kecil, bahkan orang dewasa pun tertarik? Mungkin saya bias member sedikit alasan.

Mari kita lihat dua dari anime yang paling dikenal dunia

Misalnya Naruto, penggemar naruto pati tidak asing dengan RUbah ekor Sembilan, Susanoo, Amaterasu, Orochimaru, dan Kusanagi.  
Perlu diketahui bahwa Item item tersebut bukanlah karangan Mashashi Kishimoto untuk meramaikan komiknya belaka. Susannoo, amaterasu, kusanagi, dan Yamata no Orochi memiliki tempat yang sangat sacral dalam kehidupan religi dan kepercayaan jepang.  
Komikus juga memasukkan unsur unsure literatur Jepang seperti Rashomon, serta tiga hewan magis dalam mitologi (ular,siput,kodok) sebagai familiar tokoh utama.

Kemudian ada lagi One Piece, kisah yang dulu dianggap lembaga sensor sebagai kasar dan beberapa oeang mengkritiknya tidak mendidik sebenarnya justru memiliki arti yang kuat. 
One Piece bukan hanya tentang anak lelaki rakus yang sering pukul-pukulan. Onepice memasukkan Isue issue dunia seperti Rasisme, Kelicikan Pemerintah, Otoritas Yang berlebihan, Perbudakan, Genosida, Revolusi Negara, bagi mereka yang melihat dengan pendekatan ini, terlihat jelas ironi ironi kehidupan, 
One Piece, lebih kepada satire daripada bergenre Petualangan. Tokoh tokohnya pun mencerminkan karakter tokoh dunia.  Banyak nilai-nilai kehidupan yang di tampilkan.

Dari Soundtrack pun mereka menyajikan lagu lagu bersemangat yang membangkitkan percaya diri, bukannya medley lagu patah hati nan cengeng dan bikin orang showeran setengah hari..

Itulah mengapa Anime sangat menarik bagi sebagian orang, jauh lebih menarik daripada menonton anak SMP tampar-tamparan, saling bully, pamer harta, atau nonton oom-oom pake rok dilipstikin joget joget…


No offense, its only My opinion. J J


3 comments:

Translate